Minggu, 05 Juni 2011

!!--- Camping - Ku , Gaya - Ku ---!!

CAMPING , Adalah sesuatu yang melatih mental kita dan melatih jiwa keberanian kita untuk bertahan Hidup. Saya adalah Abdul Majid Jaisyulhaq, saya akan menceritakan pengalaman saya camping bersama SMPIT Al – A’raf boarding School. Salam Haqi ..!!
               

1 hari sebelum Camping, Kami menyiapkan barang-barang untuk Camping dan kami juga disuruh untuk menjaga Kesehatan Karena jika tidak menjaga kesehatan .. kita tidak bisa ikut Camping, Kami juga dipilihkan kelompok oleh Pa Wawan, yaitu kelompok 1: Saya, Ilham, Reza, Faris dan Adiva; Kelompok 2 : Hamdan, Ikhbat, Fauzul, Reyhan dan Wynn., Kelompok 3: Novan, Hilman, Luthfi, Ismail dan Dirga. Kami perKelompok disuruh mendirikan tenda oleh pak Ali, Untuk melatih kecepatan dalam membangun tenda, karena jika kita tidak berlatih kita tidak akan bisa membangun tendanya besok. Setelah tendanya selesai dibuat malamnya kami disuruh merobohkannya lagi dan dibereskan, Setelah merobohkan tenda kami tidur.
                And .. Kita bangun dan sholat Subuh dan membaca surah Al – Mulk oleh pak Wawan dan Pak Ali .. Setelah membaca Surah Al – Mulk kita kembali ke Asrama dan siap-siap untuk berangkat ke tempat perCampingan sebelum berangkat, Kami melakukan Upacara keberangkatan dan juga ber Do’a kepada Allah .. Agar memohon perlindungan. Seteleah Upacara Keberangkatan selesai kami langsung Chaw ketempat perCampingan .. dengan Formasi perKelompok dengan batas kelompok 15 meter, agar disiplin dan tidak ramai dan tempat perCampingan itu tidak jauh dari SMPIT – AL – Araf , yaitu sekitar 5 KM dari SMPIT AL – Araf Boarding School … Haha segitu dibilang jauh.
                Setelah 3 km kita sudah lelah dan kehabisan tenaga karena jalanan semakin menanjak dan panas cuaca .. sehingga kami kehausan tetapi kami tidak bolehkan minum oleh ka Rizal yaitu Pembina kami di Camping nanti, Tetapi kelompok saya berhenti ditengah jalan dan kelompok yang lainnya Juga ikut-ikutan Hahahaha .. !! Setelah beristirahat beberapa menit pak Ali datang dan ngomel – ngomel kepada kita semua “Kenapa kalian meninggalkan teman kalian dijalan?” dan Semuanya langsung terdiam dan “Kipa” hahaha .. Setelah pak Ali ngomel – ngomel Kami langsung disuruh berangkat dan







kelompok yang paling duluan adalah kelompok 2 – 1 – 3 dan kami jalan dengan formasi yang sama yaitu batas antar kelompok 15 meter, dan tanpa banyak omong kami langsung berangkat menuju tempat Camping dengan keadaan jalan menanjak dan cuaca yang sangat terik .. membuat kami sangat lelah! Tapi kemi semua tidak menyerah karena perjalanan tinggal 500 m dan kami Langsung semangat mendenger itu karena kami sudah lelah dan kami ingin istirahat, dan Akhirnya dengan perjuangan yang keras dan keringat bercucuran dileher kami sampai ditempat Tujuan.
                Sekarang kami Istirahat dulu 20 menit untuk menghilangkan rasa lelah kita karena sudah menempuh perjalanan yang jauh sehingga kami kehausan sekali , setelah beristirahat 20 mnt kami langsung disuruh membangun tenda di tempat lapang , tanpa








banyak omong kami langsung pergi ketempat lapang itu dan membangun tenda dengan metode apa yang sudah diajarkan oleh pak Ali dan Guru-Guru lain , Kami langsung menancapkan patok, tetapi menancapkan patok itu sangat susah karna tanahnya keras sekali dan tidak lembek sedikitpun dan kami mengambil air sebotol untuk melembekkan tanah yang ingin ditancapkan patok, nah .. akhirnya setelah menuangkan beberapa ml air patok tenda pun bisa ditancapkan!! Hahaha.. Setelah tendanya jadi kelompok saya langsung menaruh barang – barang ke dalam tenda, setelah itu kami istirahat sebentar didalam tenda .. ngademin diri dulu abis bangun tenda, fyuh!!

                Abis istirahat, pa Ali langsung meniupkan peluit tanda ketua kelompok harus segera berada didepan pak Ali sekarang juga, saat itu ketua kelompok saya langsung kewalahan karena sudah dihitung dari 1 – 10 dan akhirnya ketua saya sampai di depan pak Ali, dan pak Ali memberi pengunguman kepada para ketua .. yang entah apa isinya , Heheee. Langsung saja, setelah ketua dipanggil kami langsung Sholat Dzuhur berjama’ah di Mushola terdekat, tetapi wudhu nya tidak di Mushola nya tapi di Sungai brrrr seger banget abis mandi di sungai saolnya airnya dingin!! Setelah itu kami langsung  Sholat Dzuhur berjama’ah di Mushola, setelah selesai Sholat Dzuhur berjama’ah kami istirahat lagi di tenda .. Lalu setelah istirahat kami Belajar tentang TPAB ( Teknik bertahan Diri di Alam Bebas ) kami langsung saja diajarkan Oleh ka Rizal bagaimana cara Survival Atau Bertahan hidup di Alam Bebas , ditengah tengah-tengah pelajaran tiba – tiba pak Suleman datang membawa tas saya dan teman -teman,  Ternyata!! Tas itu semuanya basah karena hujan yang deras sedang mengguyur daerah di tenda kami semua, makanya .. Tenda kami “KEBANJIRAN” Hahaha.. pas Saya dan teman teman saya malihat itu! Tanpa banyak omong kami langsung menjemur pakian dan jaket itu, Fyuh .. cape juga sihh abis jemur, setelah kami belajar TPAB kami langsung Sholat Ashar berjama’ah di Mushola setelah Sholat Ashar saya dan teman – teman makan camilan dulu dan bermain DRIFT di tempat yang licin .. pada kepeleset semua karena Hujan deras, setelah itu dilanjutkan pelajaran TPABnya sampai selesai yaitu jam ½ 6 kami langsung pergi ke Mushola untuk siap – siap sholat Maghrib Berjama’ah dan setelah sholat maghrib kami membaca Al – Quran sampai Waktu Sholat Isya tiba dan kami langsung Sholat Isya berjama’ah.
                Setelah Sholat Isya berjama’ah kami Ber Do’a dan pak Ali langsung Muhasabah dan semuanya pada nangis dan pak Ali menyuruh kita semua untuk saling bermaaf – maafan dengan teman dan saat saya meminta maaf saya melihat teman saya yang tutup kuping karena takut mendengar muhasabah Hahaha, Yaitu Ikhbat. Setelah Muhasabah kami langsung makan nasi dengan lauk ikan mas dan tempe bacem ! WoW sedapnyaaa!! .. Sehabis makan malam bersama kami dapat pengunguman bahwa setiap kelompok harus membuat kreasi, Tempat berkreasinya adalah di “API UNGGUN” setelah kami mendengar Pak Ali berkata bahwa tempat berkreasinya adalah api unggun kami langsung senang!! Tanpa basa basi kami semua langsung membuat rencana Kreatif, setelah itu kami langsung chaw ke tempat Api Unggun , Saat saya lihat “Koq?” Api Unggun nya belom nyala ? langsung saja Kami semua langsung ke tempat lokasi tragedy! Hahaha, saat kami lihat ternyata nyalain apinya susah banget karena bambu – bambu yang dipakai sudah terdapat unsur airnya makanya jadi susah nyala! Tetapi Pak Suleman langsung mengambil Minyak Tanah dan menuangkan sebotol minyak tanah di kedua Api Unggun Piramid itu dan langsung kami beri Api, And ….. BusshhhH!! Apinya langsung saja menjadi Besar hahaha .. Akhirnya Suasana menjadi hangat , Karena saya tidak memakai jaket makanya Suasana menjadi Hangat! Setelah hangat –hangatan kami langsung menampilkan Kreatif kami, diawali dari kelompok 1 yaitu kelompok saya, saya akan menampilkan Perang – Perangan dan sampai selesai, setelah itu kelompok 2 menampilkan yaitu Dance dan sampai selesai, setelah itu Kelompok 3 menampilkan Polisi dan Maling Hingga selesai. Setelah bermain Api Unggun dan Berkreatif kami langsung tidur berjama’ah eh salah ngomong Hahaha .. Tidur bersama di Ruangan belajar karena tenda yang kami buat banjir! .. Fyuh akhirnya kami tidur dan terlelap 1 2 3 Mata pun tertutup HuamZzZzZz.
                Tiba – tiba ketika jam 2 malam saya dibangunkan oleh pak Wawan, tetapi saya bingung dan saya langsung nanya saja “Mau ngapain pak bangun jam segini?” tetapi tidak dijawab dan saya langsung disuruh ambil Wudhu oleh pak Wawan brr dinginnya mana gak make jaket lagi!! “DALAM HATI SAYA” hahaha, setelah itu saya disuruh ke Menemui pak Ali di tenda Guru – Guru dan  saat saya menemui pak Ali dan pak Ali Berkata “Jika Kamu sendirian ! siapa yang menemani kamu?” saya Jawab “ALLAH S.W.T ! Pak!” pa kali menjawab “Benar! Kalau begitu cepat kamu ke tenda sana dan bawa lilin 1” Wew saya udah tau pasti ujung – ujungnya “Uji Nyali” and pas saya jalan menuju tempat tenda uji nyali udah Gelap, Dingin and Sepi weleh – weleh campur aduk deh Haha .. ditengah perjalanan ke tenda saya disuruh mengambil api untuk lilin yaitu di Api Unggun yang masih tersisa tadi malam, setelah saya mengambil api Lekas saya langsung masuk ke dalam tenda dalam hati “Gile !! ada Mayat Gadungan mana mungkin beneran :PPPPP” hahaha .. !! Namun saya tidak takut saya langsung saja duduk dan ngeliat apa sih isi benda yang ditutupin kain itu?! Langsung saya buka! Jiah .. ternyata eh ternyata batang Pohon pisang, jadi gk ada rasa khawatir lagi! Namun kata pak Ali tdak boleh melamun, kita harus tetap mengisi kekosongan dan saya punya ide! Saya baca aja Surah Luqman, tiba – taiba tenda goyang sendiri dan ada suara timpukkan, tapi mah saya udah tau pas saya ditunjukkin tenda nya sama pa kali make senter, gk sengaja ada orang kesorot dibelakang tenda tapi saya ga tau siapa dia tepatnya! Tapi yang penting mah saya udah tau “Pokoknya ada orang!” nah nyambung lagi nih ke tenda .. maka dari itu saya gk takut sama suara timpukkan itu dan goyangan tenda ! Paling ada orang yang goyangin Hehe .. !! eh belom selesai baca Surah Luqman langsung sama Pak Aji disuruh udahan yah .. kirain masih lama!! Langsung disuruh ke Mushola sama pak Wawan ,eh ternyata pas masuk Mushola ada Dirga dan Rayhan, ternyata yang udah di
Mushola adalah orang – orang yang sudah diuji nyalinya! .. Langsung dah Curhat – curhatan serem Ea.. abis itu lama kelamaan anak di Mushola itu semakin banyak dan rame , langsung pak Wawan datang tiba – tiba langsung ngomel kenapa berisik! Diam! Dari tadi sudah disuruh diam! Langsung semuanya pada “KIPA = MALU = KICEP”, setelah itu kami langsung disuruh oleh pak Wawan ke ruangan untuk istirahat sebentar .. tanpa basa – basi Saya dan teman – teman langsung berkata “TIDUR!!!!!!!!!!!” yoman , Hahaha!!  Tetapi pak Wawan datang dengan tegas ke ruangan tidur dan berkata “Ngapain tidur?! Diri semua!!” sembari memukul pintu (Kali kesakitan pak Wawan, Hahaha!) Langsung kita semua berdiri massal lalu menunduk .. lalu pak Wawan berkata “Kenapa kalian tidur?” kami menjawab “Cape pak!” tetapi pak Wawan langsung membalas dengan Lembut alias Tegas “Disini gk ada yang Lemah harus Kuat semua!” kami semua Langsung Kicep, lalu pak Ali dan kak Rizal datang dengan menggedor pintu, Lalu semuanya semakin takut dan kak Rizal berbicara ehm … ehm “Kenapa kalian nunduk!? Kamu Cuma melihat teras dan karpet kan!?” kami jawab “Iya” tetapi kita semua bingung tadi di suruh pak Wawan nunduk koq ? di suruh kak Rizal malah tegap “Aneh Yaqan..?” Hahaha.. setelah itu ka Rizal “Siapa yang tadi takut saat di Test nyalinya!? Yang takut pisah dengan yang berani! Langsung yang takut dan yang berani berpisah .. lalu , Yang takut semuanya dibentak – bentak oleh ka Rizal sampe ada yang nangis dan ada yang nangis sampe kedengeran keras banged! Setelah selesai dibentak – dibentak kami langsung diberi nasehat oleh ka Rizal yang bersuara..  “Siapa yang mengluh terus pulang saja ! tidak usah Camping lagi dengan kami semua!” semua langsung terdiam, terhentak dan deg – degan..! Setelah selesai sesi bentak – bentakan yang sangat EXITED hahaha .. saya akan menceritakan selanjutnya.
                Setelah itu saat jam 06.00 am kami makan dan siap – siap untuk Hiking ke gunung dan meleweati perkebunan, pertama kami makan dulu untuk mengisi tenaga agar pas Hiking tidak pingsan dan tidak kecapean, lalu kami ganti baju di ruangan tidur kami karena tenda kami basah semua hehehe.., lalu setelah memakai baju untuk hiking kami semua main bola dulu .. biasa lelaki jantan mah sebelum Hiking pasti main SEPAK BOLA dulu.. biar makin panas kami senam dan lari di lapangan Camping yang sangat luas itu!! MANTAP!! Setelah pemanasan yang memakan waktu setengah jam, kami diberi pengarahan untuk Hiking oleh pak Ali agar tidak terjadi apa – apa selama Hiking .. kami semua dibagi 3 kelompok yaitu kelompok Camping kelompok 1 Hikingnya didampingi oleh pak Aji, kelompok 2 dengan pak Ade dan kelompok 3 dengan pak Suleman, setelah pengarahan kami semua narsis dulu .. kami disuruh oleh pak Wawan Lompat sambil TAKBIR, 1 .. 2 .. 3 ALLAHU AKBAR, Ea sukses deh Narsis bareng nya hehehe.
                Hiking : Yaitu sebuah perjalanan yang menguji adrenalin dan ketangkasan kita dalam melewati Tracking yang ada pada jalan Hiking yang kita lewati.
                Akhirnya Hiking juga, kelompok yang pertama jalan yaitu Kelompok 2, Kelompok 1 lalu kelompok 3. Kami semua jalan ke atas bukit dekat tempat perkemahan kami kami jalan terus dan kami melewati kebun atau sawah yang berisi Tomat, Bayam, Kol, Jeruk, Cabe dll kami melewati kebun dan melihat sebuah sungai yang sangat jernih tidak kotor sedikitpun karena sungai itu berasa dari sungai yang paling tinggi keberadaannya dari dataran yang rendah sungai itu disebut ( SUNGAI SUMBER MATA AIR ) kami beristirahat sebentar di sungai menyegarkan badan kembali karena sudah berjalan 3 kilometer dengan cuaca yang panas pula kami juga Narsis di sungai .. Hahahahaha hal yang sangat menyenangkan bersama teman – teman, lalu kami melanjutkan perjalanan menempuh jalan Hiking dengan sangat jauh .. saya mengeluh “Jauh banget ka Rizal Hikingnya masa sampe 7 kilometer” ka Rizal jawab “Kita ini latihan fisik dan kekuatan kita harusnya sudah bisa melewati ini” setelah saya mendengar perkataan itu saya langsung semangat kembali untuk Hiking dengan penuh Percaya Diri .. Ea..! setelah itu kelommpok saya makin semangat sampai sampai membalap kelompok 2 yang tadinya di depan .. kami terus melaju hingga akhirnya kami sampai ke puncak tempat Hiking kami yaitu di bukit kami semua telah sampai disana dan kami langsung saja Narsis bersama lagi kami semua Foto bersama dengan semangat membawa bendera Al – A’Raf hahaha.. seru banget, setelah Foto – Foto kami semua melanjutkan perjalanan Hiking yang sangat melelahkan tetapi tetap semangat!! Setelah itu kami menemukan hutan yang sedang tertutup awan yang sangat indah dan biasa narsis dan layout or backgroundnya hutan yang tertutup awan mantap dah!!
                Dengan semangat kami melanjutkan perjalanan sampai akhirnya saya dan kelompok saya bertemu dengan jalanan terjal sekali! Hika tidak berhati – hati kita bisa terpeleset ke jurang yang sangat dalam, nah dari bukit terjal itu saya terpeleset .. untungnya ada faris yang nolongin saya pas saya mau jatuh bercanda kelewatan jadi gitu tuh. Setelah itu kami berjalan terus melewati kebun Wortel, tapi dengan tidak senganja saya gk liat kalo ada tumbuhan Wortel ke Injak yah… Gagal panen deh, maaf deh pembaca .. saya juga takut sama petaninya Ea.. serem banged, soo.. saya jalan lagi melewati sumber mata air kecil dan bukit terjal hingga
Kami harus berjuang keras menuruni bukit itu soalnya miringnya 75 derajat saya gk bayangin sihh kalo jatuh pasti bukan main jatuhnya, Hahaha!! Emang dikira prosotan anak TK Jiah .. canda kale..!! Lalu kami melanjutkan perjalanan dan akhirnya perjalanan saya Hiking tinggal 500 meter setelah saya mendengar itu saya langsung semangatnya bertambah Bro!! Hahahha .. nah akhirnya sampe juga di tempat perkemahan.
Di perkemahan kelompok saya disambut oleh pak Sugeng dengan biskuitnya yang banyak .. Hmm Nyam – Nyam!! Akhirnya abis perjalanan jauh makan juga, sembari istirahat badan .. setelah itu kami semua bersih – uruh bersih badan di sungai, Weleh – weleh sungainya dingin banged brr, setelah tiu saya dan teman – teman bermain bola sebentar dan menunggu ka Rizal menyiapkan sebuah permainan untuk sehabis Ashar .. soo udah Adzan tuh saatnya saya sholat Ashar di Musolla. Setelah Sholat Ashar saya dan teman – teman siap – siap untuk menghadapi tantangan dari ka Rizal yaitu bermain otak saya dan teman – teman dipersilahkan untuk membuat Lingkaran yang besar “FOR WHAT ?” Ya buat bermain lha!! Setelah itu kami dipersilahkan mengambil 1 sarung buat bermain, dan Instruksi ka Rizal adalah “Bagaimana Cara kalian memindahkan sarung itu ke teman kamu yang lain?!?” kita semua langsung menjawab “Gampang” !! Sep Lha akhirnya mulai juga permainannya .. kami semua langsung dengan cepat memindahkan sarungnya karena waktu dulu kami sudah sering berlatih seperti ini , Hahaha kita semua kan anak cerdas!! Maju AL – A’Raf kami semua dengan semangat memindahkan sarung, sestelah kami bermain memindahkan sarung kami dipersilahkan untuk istirahat sebentar melepas dahaga yang sangat menekan lanjut kami semua berdiri lagi kami mendapat instruksi “Bagaimana cara kamu membuat rantai yang panjang dari semua barang yang kamu pake sekarang, tanpa basa –basi kami semua langsung melepas baju dan semua barang yang sedang kami kenakan hingga kami semua berusaha terus sampai akhirnya kami semua selesai dan yang jadi juara adalah kelompok 2 , yah kalah deh..!! Gapapa kami semua pasti bisa menerima apa adanya. Setelah itu kami semua menunggu Instruksi yang baru dari ka Rizal yaitu kami semua diperintahkan untuk “Membuat pesawat yang berisi telur tepung dan dibungkus plastic jika telurnya tidak pecah saat jatuh ke tanah berarti kelompok itulah yang sukses” Ikan cucut melucut Lanjut.. kami semua pertama –tama diperintahkan untuk membuat 1 wakil 1 kelompok , Kalu kelompok saya wakilnya : Ilham, kelompok 2: Hamdan, dan kelompok 3: Hilman. Setelah itu wakil dari antara semua kelompok ditutup matanya oleh Slayer AL – A’RAF chaw dah langsung ( Wakil diperintahkan untuk mencari barang –barang yan saya sebutkan tadi ) pencarian berlangsung dengan sangat seru sampai – samapai ada yang marah soalnya barangnya diambil wkwkwkwkwk.. setelah itu wakil – wakil semuanya sudah mendapatkan barangnya dengan perjuangan yang sangat keras! Setelah mendapatkan semua barang kami semua antar kelompok langsung membuat pesawat itu dengan barang – barang yang tadi pembuatan pesawat pun berlangsung dengan sengit kelompok yang selesai adalah 3 – 1 – 2 dan semua pesawat yang sudah jadi dilempar oleh ka Rizal pertama pesawat yang dilempar adalah kelompok 3 pas jatoh bunyinya “KERK” Ya Sudahlah hahaha pas diliat pecah , pada ketawa berjama’ah, lalu kelompok saya di lempar bunyinya “DUFT..” ternyata pas diliat pecah juga tapi suaranya dari tepungnya soalnya tepungnya duluan yang jatoh and… the last team “Brakkk” Jiah itu mah jangan Tanya lagi kalo bukan pecah ya musnah! Hahaha.. Sueru be’ed.
Allhamdulillah, akhirnya selesai juga setelah bermain bersama ka Rizal kami semua langsung ganti baju pramuka dan upacara panutupan Caming AL – A’Raf .. Upacara pun selesai kami semua pun siap untuk pulang ke Al – A’Raf sebelum pulang kami semua berpamitan dulu dengan ka Rizal because ka Rizal mau pulang ke rumahnya “SeeP sampai bertemu lagi ka Rizal!” setelah itu mobil truk yang menjemput kita belum datang – datang .. pak Ali pun angkat bicara “Siapa yang mau jalan ke Al – A’Raf untuk pulang” Saya, Ilham, Hamdan dan Faris pun jalan kaki bersama ke Al – A’raf tetapi ketika saya di tengah perjalanan yang sudah jauh kami bertemudengan truk yang ingin menjemput kami di tempat perkemahan .. yah cape deh! Hahaha. Tapi gapapa saya lanjutin aja perjalanan saya dengan teman –teman saya eh tiba – tiba ketemu lagi sama truknya langsung deh numpang, CHAW KE AL – A’RAF.
Sesampai di AL – A’RAF kami disambut oleh ka Dani guru Wushu kami di AL – A’RAF dan kami wushu dengan santai yaitu bermeditasi tingkat tinggi di Wushu untuk menjaga ketenangan .. fyuhh .
Allhamdulillah, saya selesai menceritakan pengalaman camping saya bersama AL A’RAF SMPIT BOARDING SCHOOL. Terima kasih banyak AL A’RAF SMPIT BOARDING SCHOOL telah memberikan saya pelajaran yang sangat penting untuk masa depan saya J Abdul Majid Jaisyulhaq






0 comment:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More